Menjaga Kebersihan Reproduksi ( ridaul ramadhani)

Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi

Sejak lahir, manusia dikaruniai organ reproduksi. Organ reproduksi diciptakan oleh Allah yang Maha Esa untuk manusia, agar manusia dapat terus melangsungkan keturunannya. Organ tersebut sangat penting. Bila kita tidak mempunyai organ reproduksi, apa jadinya? Salah satunya kita akan kesulitan untuk buang air kecil (kencing).
Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita bersyukur atas apa-apa yang diberikan Allah kepada kita. Diciptakannya organ reproduksi bagi manusia sudah tentu ada fungsinya. Apa yang harus kita lakukan terhadap organ reproduksi kita?
Tuhan menciptakan manusia terdiri atas laki-laki dan perempuan. Sudah tentu, laki-laki dan perempuan memiliki organ reproduksi yang berbeda. Berbeda bentuk, fungsi, serta cara menjaga kebersihannya.

Bagaimana cara kita menjaga organ reproduksi?
Setiap manusia perlu menjaga kebersihan organ reproduksinya. Terutama bagi wanita, apalagi pada saat haid atau menstruasi. Pada saat itu, tubuh wanita rentan terhadap penyakit.
Cara membersihkan organ reproduksi untuk wanita, mandi dengan air bersih sehari dua kali. Bila haid hendaknya mengganti pembalut setiap beberapa jam sekali, menggunakan pembalut yang bersih bebas kotoran, dan berolah raga secara teratur. Membasuh organ bila habis buang air kecil agar tidak gatal.
Begitu pula dengan laki-laki, untuk menjaga kebersihan organ reproduksinya, hendaknya mandi dua kali sehari, mengganti pakaian dalam sehari dua kali, membasuh organnya sehabis buang air kecil, serta olah raga secara teratur.

0 komentar:

Posting Komentar